Tutorial UNIGRAPHICS NX7 (Geometry Selection)

Posted by Unknown On Tuesday, January 22, 2013 2 comments


Bismillah,
ProgramCNC – Pada Tutorial Unigraphics NX7 sebelumnya kita sudah membahas NX7 Gateway (berbagai fungsi bar, part navigator dan history) kali ini kita akan membahas tentang NX Geometry Selection, selamat menyimak.
Geometry Selection properties sangat maju pada Unigraphics NX7. Anda dapat menyaring metode seleksi, yang memfasilitasi pemilihan yang mudah pada geometri dalam cluster yang dekat. Selain itu, anda dapat melakukan fitur opsi yang secara cerdas Unigraphics NX7 menyediakannya tergantung pada entitas dipilih.

Kursor Mouse di layar Graphics biasanya akan dalam bentuk cross hair line seperti gambar. Pemilihan item dapat didasarkan pada tingkat entitas seperti pemilihan geometris, Fitur entitas dan Komponen. Metode seleksi dapat disesuaikan dengan memilih salah satu ikon di Toolbar Seleksi.


Feature Selection :
Mengklik pada salah satu ikon pada gambar di bawah ini akan membiarkan anda memilih fitur pada part file. Hal ini tidak akan memilih entitas dasar seperti edges, faces dll. Fitur yang dipilih juga dapat diterapkan untuk sebagian atau seluruh assembly tergantung pada kebutuhan.

 
Selain itu, penyaringan dari fitur dapat lebih dipersempit dengan memilih salah satu pilihan yang diinginkan dalam menu drop-down seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Misalnya, memilih KURVA (CURVE) dari opsi akan memilih hanya kurva (curve) saja di layar. Standarnya adalah NO SELECTION FILTER.

 
General Object Selection :
Mengklik ikon seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini akan membiarkan Anda menampilkan General Object Selection pada layar.


Jika Anda ingin memilih entitas geometris, fitur, atau komponen, maka navigasikan kursor mouse lebih dekat ke entitas sampai disorot dengan warna magenta (merah muda) dan klik tombol kiri mouse.
Jika Anda ingin memilih sebuah entitas yang tersembunyi di balik geometri yang ditampilkan, maka tempatkan kursor mouse didekat daerah itu pada layar sehingga bola kursor menempati porsi proyeksi geometri yang tersembunyi di layar. Setelah beberapa detik, bola kursor berubah menjadi simbol 'PLUS' seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Klik tombol kiri mouse (MB1) untuk mendapatkan 'Konfirmasi Seleksi' kotak dialog seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut di bawah ini. Menu QuickPick ini terdiri dari daftar entitas yang ditangkap dari dalam bola kursor. Entitas yang disusun dalam urutan 'derajat' entitas. Misalnya, Edges dan Points dengan derajat angka yang lebih rendah sedangkan Solid Faces dengan derajat angka yang lebih tinggi. Dengan menggerakkan kursor pada angka yang ditampilkan, Unigraphics NX7 akan menyoroti entitas yang sesuai pada layar dalam warna magenta. Misalnya, pada gambar di bawah ini,
Faces di atas diberikan angka '5'. Demikian juga, entitas tersembunyi juga akan diberikan dengan angka dalam daftar. Anda dapat menelusuri dengan angka dan klik pada nomor yang sesuai dengan objek atau fitur yang diinginkan.


Semoga bermanfaat,,
Kudus, 10 Robi’ul Awal 1434 H 

Artikel Menarik Lainnya

2 comments:

ce-cara.blogspot.com said...

nice info

Blog said...

Siemens NX
http://www.siemensnx.com

Post a Comment